Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, April 29, 2016

Lamunan Pekan Paskah V

Sabtu, 30 April 2016

Yohanes 15:18-21

15:18. "Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
15:19 Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
15:20 Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.
15:21 Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, orang yang baik dan bijak adalah yang mampu dan mudah beradaptasi. Dalam tradisi Jawa dikenal sifat bijak dengan kata-kata manjing ajur ajer mancala putra mancala putri (mampu masuk dalam situasi dan kondisi apapun bersama siapapun dengan latar belakang apapun).
  • Katanya, orang yang baik dan luhur mampu bergaul dengan siapapun. Dia akan diterima oleh siapapun dengan segala latar belakangnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagaimanapun juga orang-orang yang biasa bergaul dengan kedalaman batin dan selalu ada dalam keeratan cinta dengan sosok gaib di relung nurani akan mengalami berbagai penderitaan berhadapan dengan orang-orang  yang hidupnya dikuasai oleh nafsu-nafsu dan kegilaan akan kekuasaan dan kekayaan materi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan siap berseberangan denga siapapun yang terlena dengan kenikmatan kekuasaan dan materi.
Ah, pada jaman sekarang materi amat penting sekali.

0 comments:

Post a Comment