Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, April 25, 2016

Lamunan Pekan Paskah V

Selasa, 26 April 2016

Yohanes 14:27-31a

14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.
14:28. Kamu telah mendengar, bahwa Aku telah berkata kepadamu: Aku pergi, tetapi Aku datang kembali kepadamu. Sekiranya kamu mengasihi Aku, kamu tentu akan bersukacita karena Aku pergi kepada Bapa-Ku, sebab Bapa lebih besar dari pada Aku.
14:29 Dan sekarang juga Aku mengatakannya kepadamu sebelum hal itu terjadi, supaya kamu percaya, apabila hal itu terjadi.
14:30 Tidak banyak lagi Aku berkata-kata dengan kamu, sebab penguasa dunia ini datang dan ia tidak berkuasa sedikitpun atas diri-Ku.
14:31a. Tetapi supaya dunia tahu, bahwa Aku mengasihi Bapa dan bahwa Aku melakukan segala sesuatu seperti yang diperintahkan Bapa kepada-Ku, bangunlah, ….."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, yang disebut damai adalah suasana tenang bahkan tertata. Dalam kedamaian orang mengalami suasana bagus tanpa kekacauan.
  • Katanya, damai pun menjadi keadaan selaras. Orang hidup selaras tanpa konflik dengan Tuhan, sesama, alam, lembaga dan dirinya sendiri.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin kedamaian sejati datang dari penghayatan kasih yang membuat sikap terbuka terhadap suasana apapun sehingga amat berbeda dengan pandangan umum karena orang akan terbuka pada segala yang menyakitkan, berbeda dan bahkan bertentangan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengalami kedamaian justru di dalam keikhlasan ada dalam ketidakenakan.
Ah, damai itu ya tak punya musuh.

0 comments:

Post a Comment