Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, April 5, 2016

Lamunan Pekan Paskah II

Rabu, 6 April 2016

Yohanes 3:16-21

3:16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
3:17 Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.
3:18 Barangsiapa percaya kepada-Nya, ia tidak akan dihukum; barangsiapa tidak percaya, ia telah berada di bawah hukuman, sebab ia tidak percaya dalam nama Anak Tunggal Allah.
3:19 Dan inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan dari pada terang, sebab perbuatan-perbuatan mereka jahat.
3:20 Sebab barangsiapa berbuat jahat, membenci terang dan tidak datang kepada terang itu, supaya perbuatan-perbuatannya yang jahat itu tidak nampak;
3:21 tetapi barangsiapa melakukan yang benar, ia datang kepada terang, supaya menjadi nyata, bahwa perbuatan-perbuatannya dilakukan dalam Allah."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, hukum diadakan untuk menjaga situasi dan kondisi demi kepentingan umum. Hukum diadakan agar orang dibebaskan dari kejahatan.
  • Tampaknya, dengan adanya hukum orang-orang yang berbuat kejahatan tidak akan berani hidup dengan tenang. Mereka akan melakukan kejahatan dengan sembunyi-sembunyi karena kalau tertangkap dapat dihukum.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, yang di dalamnya dapat mengalami hati penuh sukacita dan kebebasan, hukuman sejati justru terjadi ketika orang melakukan kejahatan karena di dalam hati menolak keterusterangan sehingga membuat orang berada dalam kekhawatiran akibat mengisolasi diri. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa apapun keadaannya keterusterangan adalah jauh membuat orang mampu mengalami kebebasan batin.
Ah, jahat apapun asal tak ketahuan apalagi ketangkap ya dapat selalu bebas dan tenang-tenang saja.

0 comments:

Post a Comment