Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, November 10, 2013

TERUS BERKEMBANG DAN BERTAMBAH


Pada  Jumat 8 November 2013 sore jam 04.00-06.00, rencana pertemuan orang-orang yang menjadi koordinator pendaftar peserta Novena Ekaristi Seminar 2013 di Domus Pacis sudah terlaksana. Dari  berbagai ungkapan yang muncul, ada beberapa pokok yang dapat disimpulan :
  • Tema-tema pembicaraan pada umumnya amat relevan untuk penghayatan iman kaum tua. Banyak hal membuat para peserta menjadi sadar diri bahkan dapat mengenal dirinya. Hal ini terutama terkait dengan kondisi fisik dan psikis dalam usia yang makin tua. Ada hal-hal yang menjadi tindak lanjut sesudah ikut pembicaraan dalam novena terutama yang menyangkut soal ketahanan ekonomi dengan tata keuangan dan juga yang menyangkut soal kebijakan menata raga. 
  • Isi dari pembicaraan membuat peserta harus belajar kembali bahkan dari nol. Oleh karena itu pada umumnya peserta terbuka untuk menjadi baru dan diperbarui. Pandangan pun bisa berubah seperti penilaian terhadap rumah tua dan kebutuhan beaya sesudah tua karena datangnya berbagai penyakit. Dalam hal ini tema-tema perlu diperdalam lagi karena yang sudah dibicarakan dianggap masih bersifat umum dan belum menukik ke kedalaman.
  • Usaha pembelajaran itu membuat orang damai dengan dirinya, dengan orang-orang sekitarnya, dan dengan lingkungannya sehingga bisa enjoy dengan ketuaannya. Dalam hal ini pencatatan tertulis amat penting untuk menjadi warisan kebijakan bagi generasi berikutnya tanpa mengurangi makna untuk sharing dengan orang-orang semasanya.
  • Perluasan cakrawala tua untuk tidak hanya terbatas pada kaum lanjut usia perlu makin disosialisasikan. Hal ini disebabkan oleh adanya orang-orang usia 40an yang yang menganggap diri belum tua. Perluasan topik yang berkaitan dengan paham keagamaan juga penting.
 Dari pebicaraan yang ada muncul kesepakatan :
  1. Novena diadakan lagi di tahun 2014 dengan hari, bulan, dan jam yang sama.
  2. Dibentuk Tim Khusus untuk menentukan tema-tema yang memperdalam beberapa tema tahun 2013. Anggota tim terdiri dari : Bapak Loly (Paroki Pringwulung), Bapak Murhadi (Paroki Babadan), pasangan Bapak-Ibu Tarya (Paroki Babarsari), pasangan Bapak-Ibu Momo (Paroki Kotabaru), Bapak Mardi (Paroki Baciro), dan Rama-rama Domus Pacis. Tim akan bertemu di Domus Pacis pada Jumat 13 Desember 2013 pada jam 04.00 sore sampai selesai.
  3. Diadakan program baru dengan nama JAGONGAN IMAN "MENJADI KAUM TUA PEWARTA". Ini adalah program 12 kali pertemuan dan setiap pertemuan berlangsung 2 jam. Bahan utama adalah "Aku Percaya" dari Katekismus Gereja Katolik. Rama Domus akan datang ke kelompok peminta pelayanan. Peserta program ini adalah umat Katolik yang berusia 40an tahun ke atas. Kelompok peminta harus memberi tahu ke rama paroki. Penyelenggaraan diharapkan bergilir di rumah-rumah di antara peserta.
Di dalam pertemuan ini yang hadir ada 22 orang. Bapak Suroso dari Berbah yang sedianya akan hadir karena hujan lebat mengirim SMS berpamitan (lihat matrik di bawah ini). Pertemuan ditutup dengan santap malam bersama.


NO
NAMA
HADIR
ABSEN
01.
Ibu Nanik (Wilayah Imogiri, Paroki Bantul)
V

02.
Bapak Mardi (Lingkungan Pengok Kidul, Paroki Baciro)
V

03.
Ibu Rini (Paroki Medari)
V

04.
Ibu Bari (Paroki Medari)
V

05.
Ibu Mumun (Paroki Pringwulung)
V

06.
Ibu Titik (Lingkungan Puren, Paroki Pringwulung)
V

07.
Bapak Loly (Lingkungan Nologaten, Paroki Pringwulung)
V

08.
Ibu Dewa (Lingkungan Iromejan, Paroki Pringwulung)
V

09.
Bapak Tikno (Paroki Muntilan)
V

10.
Ibu Taryo (Paroki Babarsari)
V

11.
Bapak Komar (Paroki Administratif Bayat)
V

12.
Ibu Maryati(Paroki Administratif Bayat)
V

13.
Bapak Suroso (Wilayah Berbah, Paroki Kalasan)

V
14.
Ibu Sundari (Paroki Administratif Pringgolayan)
V

15.
Ibu Indah (Lingkungan Sendowo, Paroki Kotabaru)
V

16.
Rama Agoeng (Domus Pacis)
V

17.
Rama Yadi (Domus Pacis)
V

18.
Rama Harto (Domus Pacis)
V

19.
Rama Bambang (Domus Pacis)
V

20.
Bapak Murhadi (Paroki Babadan)
V

21.
Ibu Indarni (Paroki Administratif Bayat)
V

22.
Bapak Tarya (Paroki Babarsari)
V

23.
Bapak Momo (Lingkungan Sendowo, Paroki Kotabaru)
V

0 comments:

Post a Comment