Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, November 25, 2013

HALANG-RINTANG EMOSIONAL (Sajian 9)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Kompleksitas

Hidup kita adalah singkat dalam harapan, waktu di mana kesedihan dan sukacita saling berciuman di setiap saat. Ada kualitas kesedihan yang meresapi segala saat-saat hidup kita. Sepertinya tiada sukacita murni yang amat jelas tetapi bahkan di dalam saat-saat paling membahagiakan dari keberadaan diri, kita merasakan adanya suatu warna kesedihan. Dalam setiap kepuasan ada kesadaran akan batas-batasnya. Dalam setiap kesuksesan ada ketakutan akan kecemburuan. Di balik setiap senyuman ada air mata. Dalam setiap pelukan ada kesepian. Dalam setiap persahabatan ada jarak. Dan dalam semua bentuk terang ada pengetahuan akan kegelapan yang mengelilinginya.

Sukacita dan kesedihan saling berdekatan satu sama lain seperti daun-daun beraneka warna yang indah saat musim gugur di New England dan kesederhanaan pohon-pohon yang gundul. Ketika anda menyentuh tangan seorang sahabat yang kembali maka anda sudah tahu bahwa ia akan meninggalkan anda lagi. Ketika anda tergerak oleh luasnya lautan yang disinari matahari dan tenang, anda rindu akan sahabat yang tidak dapat melihat hal yang sama. Sukacita dan kesedihan terlahir pada saat yang sama, keduanya timbul dari tempat-tempat yang begitu dalam di hati anda, sehingga anda tak bisa menemukan kata-kata untuk menangkap emosi-emosi anda yang kompleks.

dari Out of Solitude

0 comments:

Post a Comment