Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, November 30, 2013

Sabda Hidup


Minggu, 01 Desember 2013
HARI MINGGU ADVEN I
Warna Liturgi Ungu
Bacaan
Yes. 2:1-5; Mzm. 122:1-2,4-5,6-7,8-9; Rm. 13:11-14a; Mat. 24:37-44

Matius 24:37-44
37 "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 38 Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, 39 dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; 41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. 42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."

Renungan
Terlena. Kondisi nyaman, aman dan tenang seringkali bisa membuat orang terlena. Angin ribut membuat orang terjaga, angin sepoi-sepoi bisa minabobokkan orang. Makanan enak membuai siapapun sehingga ia terlena dan tidak memperhitungkan kesehatannya. Kalau di lagu dangdut Evi Tamala bisikan cinta di telinga membuat gadis terlena dan menyerahkan segalanya. Jabatan tinggi pun membuat oran terlena dan lupa apa yang mestinya dilakukan dg jabatan tersebut.
Banyak orang bisa terlena. "Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia" (Mat 24:38-39). Supaya tidak hanyut oleh air bah maka perlu terus menerus waspada dan berjaga-jaga. Waspada dan berjaga-jaga bukan hanya dalam kondisi genting namun juga terutama dalam kondisi aman dan nyaman.

Kontemplasi
Duduklah dengan tenang. Lihatlah hal-hal apa yang mudah membuatmu terlena.

Refleksi
Tulislah pengalamanmu menjaga diri dari situasi yang membuatmu terlena.

Doa
Tuhan semoga aku selalu waspada terhadap segala sesuatu yang membuat terlena. Amin.

Perutusan
Aku akan waspada dan berjaga supaya selaras dengan kehendakNya.

0 comments:

Post a Comment