Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, November 14, 2013

MEMELUK KESEPIAN (Sajian 9)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Panggilan di Tempat Sunyi

.... Rahasia pelayanan Yesus tersembunyi di tempat sunyi di mana Dia berdoa, pagi-pagi sekali, jauh sebelum matahari terbit.

Di tempat yang sunyi Yesus mendapatkan keberanian untuk mengikuti rencana Allah dan bukan rencana-Nya sendiri; mewartakan sabda Allah dan bukan kata-kata-Nya sendiri; melakukan karya Allah dan bukan karya-Nya sendiri. Ia selalu mengingatkan kita: "Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri .... Sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku" (Yohanes 5:30). Juga "Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa yang diam dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya" (Yohanes 14:10). Di tempat sunyi itulah, di mana Yesus masuk ke dalam keintiman dengan Allah Bapa, pelayanan-Nya terlahir.

.... Di suatu saat kita tahu bahwa tanpa tempat yang sunyi hidup kita ada dalam bahaya. Di suatu saat kita tahu bahwa tanpa mendengarkan, berbicara tidak lagi menyembuhkan, bahwa tanpa ada jarak, kedekatan tidak dapat menyembuhkan. Di suatu saat kita tahu bahwa tanpa tempat yang sunyi tindakan-tindakan kita dengan cepat berubah menjadi kelakuan-kelakuan yang kosong. Perimbangan yang hati-hati antara berdiam diri dan berkata-kata, menarik diri dan melibatkan diri, membuat jarak dan kedekatan, kesunyian dan komunitas, membentuk dasar hidup kristiani dan karenanya harus menjadi subyek perhatian kita yang paling pribadi.
dari Out of Solitude

0 comments:

Post a Comment