Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, November 23, 2013

Lamunan Hari Raya


Tuhan Kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam
Minggu, 24 November 2013

Lukas 23:35-43

23:35 Orang banyak berdiri di situ dan melihat semuanya. Pemimpin-pemimpin mengejek Dia, katanya: "Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diri-Nya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah."
23:36 Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia; mereka mengunjukkan anggur asam kepada-Nya
23:37 dan berkata: "Jika Engkau adalah raja orang Yahudi, selamatkanlah diri-Mu!"
23:38 Ada juga tulisan di atas kepala-Nya: "Inilah raja orang Yahudi".
23:39 Seorang dari penjahat yang di gantung itu menghujat Dia, katanya: "Bukankah Engkau adalah Kristus? Selamatkanlah diri-Mu dan kami!"
23:40 Tetapi yang seorang menegor dia, katanya: "Tidakkah engkau takut, juga tidak kepada Allah, sedang engkau menerima hukuman yang sama?
23:41 Kita memang selayaknya dihukum, sebab kita menerima balasan yang setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat sesuatu yang salah."
23:42 Lalu ia berkata: "Yesus, ingatlah akan aku, apabila Engkau datang sebagai Raja."
23:43 Kata Yesus kepadanya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya hari ini juga engkau akan ada bersama-sama dengan Aku di dalam Firdaus."


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tak sedikit orang yang menggambarkan kekuasaan sebagai kekuatan untuk mempengaruhi orang lain. Seorang yang berkuasa akan mudah membuat orang lain bertekuk lutut dan melakukan apa pun yang dikehendakinya.
  • Tampaknya, dengan pengaruh kuasanya orang dapat memiliki kedudukan sosial sehingga dapat membuat aturan dan keputusan yang harus diikuti oleh orang-orang di lingkungannya. Banyak orang akan memberikan penghormatan dan hidupnya makin dapat mengenyam kenikmatan duniawi.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa kekuasaan sejati justru membuat orang mampu mengalahkan kehendaknya sendiri dan dapat membiarkan orang-orang lain menumpukkan beban kepadanya. Dalam yang ilahi perlakuan buruk apa pun yang disandang tak akan membuat penguasa sejati kehilangan daya untuk menghadirkan kebaikan.
Ah, kalau memang punya kuasa ya pasti mampu menghancurkan lawan-lawannya.

0 comments:

Post a Comment