Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, November 5, 2013

BERTUMBUH MELALUI KECEMASAN (Sajian 11)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Doa Bagi Si Penakut

Hari ini, ya Tuhan, aku merasa sangat takut. Seluruh keberadaanku seakan diserang oleh ketakutan. Tak ada kedamaian, tak ada istirahat, hanya ketakutan melulu: takut akan mental yang berantakan, takut akan hidup yang salah, takut akan penolakan dan kutukan, dan takut akan Dikau. Oh, Tuhan, mengapa sulit sekali menanggulangi ketakutanku? Hanya jika aku melakukan kerja tangan sebentar maka seakan intensitas ketakutanku berkurang.

Aku merasa begitu tidak berdaya untuk menanggulangi ketakutan ini. Mungkin ini cara-Mu untuk menyuruhku mengalami solidaritas dengan orang-orang yang takut di seluruh dunia: mereka yang lapar dan kedinginan dalam musim dingin yang keras kali ini, mereka yang terancam serangan gerilya yang tak terduga, mereka yang tersembunyi dalam penjara-penjara, institusi rawat kejiwaan dan rumah sakit. Oh Tuhan, dunia ini penuh dengan ketakutan. Buatlah ketakutanku menjadi doa bagi semua orang yang takut. Biarkanlah doa ini mengangkat hati orang-orang lain. Lalu mungkin kegelapanku dapat menjadi terang bagi orang lain, dan kesakitan batinku menjadi sumber kesembuhan bagi orang lain.

Engkau, oh Tuhan, juga telah mengalami ketakutan. Engkau telah menjadi begitu risau; keringat dan air mata-Mu adalah tanda-tanda ketakutan-Mu. Buatlah agar ketakutanku, ya Tuhan, menjadi bagian dari ketakutan-Mu, sehingga dapat membimbingku tidak kepada kegelapan tetapi kepada terang dan akan memberiku pemahaman baru akan harapan salib-Mu. Amin.
dari A Cry for Mercy

0 comments:

Post a Comment