Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, November 9, 2013

MEMELUK KESEPIAN (Sajian 4)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Berpagut
Aku yakin sedalam-dalamnya bahwa keramahan, kelembutan, kedamaian dan kemerdekaan batiniah untuk saling mendekat satu sama lain, atau untuk saling menjauh dari yang lain, ditumbuhkan dalam keheningan. Tanpa keheningan kita mulai saling berpagut; kita mulai kuatir akan apa yang kita pikirkan dan rasakan; kita cepat menjadi curiga dan tersinggung satu sama lain; dan kita mulai, seringkali tanpa disadari, menyelidiki satu sama lain dengan hipersensitivitas yang melelahkan. Tanpa keheningan konflik-konflik dangkal dengan mudah tumbuh mendalam dan menyebabkan luka-luka yang menyakitkan. Lalu "menyelesaikan segala sesuatu" dapat menjadi kewajiban yang membebani dan kehidupan sehari-hari menjadi begitu sadar diri sehingga kehidupan bersama jangka panjang tampaknya tidak dimungkinkan .... Akan tetapi, dengan keheningan kita belajar untuk bergantung pada Allah, oleh-Nya kita dipanggil bersama-sama dalam kasih, di dalam mana kita dapat beristirahat, dan melalui Dia kita dapat saling menyukai dan mempercayai satu sama lain, bahkan jikalau kemampuan kita untuk saling mengungkapkan diri terbatas. Dengan keheningan kita dilindungi dari efek saling curiga yang merusak, dan kata-kata dan tindakan kita menjadi ungkapan sukacita dari suatu kepercayaan yang ada ketimbang cara halus meminta bukti untuk dapat dipercaya. Dengan keheningan kita dapat saling mengalami sebagai manifestasi berbeda-beda dari kasih yang bertransenden pada kita semua.
dari Clowning in Rome

0 comments:

Post a Comment