Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, November 21, 2013

TERNYATA "HEPI HEPI SAJA"


Kemarin Kamis 21 November 2013 di Domus Pacis telah terjadi pertemuan berkaitan dengan Paguyuban Santo Barnabas Kelompok Rela Masak. Pertemuan dimulai pada jam 17.20. Hadir dalam pertemuan itu Bu Wulan, Bu Tatik, Bu Ratmi, Bu Riwi, Bu Rini, Bu Ninik, Rama Agoeng, Rama Yadi, Rama Harto, dan Rama Bambang. Bu Mumun dan Bu Vera pamit tidak dapat ikut. Bu Mumun sedang ke Lombok, dan Bu Vera harus mengganti tugas pekerja lain dalam usahanya. Ibu-ibu ini adalah koordinator dari para pemerhati masakan yang rela menyediakan  lauk dan sayuran untuk santap makan warga Domus Pacis. Dari pengalaman perjalanan penyediakan lauk dan sayuran untuk Domus Pacis oleh umat pemerhati masak, muncul dua pertanyaan, satu dari rama-rama dan satu dari para koordinator : 1) Para rama bertanya apakah kesediaan menyediakan masakan untuk Domus Pacis tidak membebani para anggota kelompok; dan 2) Para ibu bertanya apakah dimungkinkan ada orang-orang yang tidak dapat menyediakan masakan tetapi akan memberi dana uang.

Dari dua pertanyaan dan pembicaraan lain, muncul beberapa kesepakatan sebagai berikut :
  • Menurut para koordinator, para pemerhati tidak merasa terbebani. Ada yang mengatakan "Hepi hepi saja". Mereka senang dapat ikut mengurus rama-rama sepuh (tua) dan berkebutuhan khusus. Walau kebanyakan anggota "nombok" dari anggaran yang disediakan, tetapi hal ini dilakukan dengan ikhlas. Bahkan ada satu kelompok koordinasi yang tidak mau menerima anggaran yang disediakan dan akan menyumbangkan kembali untuk kepentingan lain. Memang ada 5 orang dari 71 orang anggota yang praktis akhirnya tidak dapat menjalankan penyediaan dan mengantar masakan ke Domus Pacis. Tetapi 5 orang baru segera menggantikan, karena ternyata muncul banyak warga umat yang juga ingin ikut terlibat dalam kegiatan ini. Dengan demikian setiap ada lowongan selalu siap. Semua ini dengan catatan bahwa kebanyakan dari mereka tidak dapat untuk kepentingan makan pagi. Maka untuk 13 kali makan pagi rama Domus Pacis mengusahakan sendiri. Dan ini pun ternyata, dengan pengalaman hampir 3 bulan, bukan menjadi hal yang sulit.
  • Dalam hal kemungkinan hanya menyumbang uang ada kesepakatan: 1) Kalau diurus sendiri oleh koordinator, dapat diterima dan ke Domus Pacis tetap berujud menu masakan; 2) Domus Pacis tidak menerima sumbangan uang khusus untuk kepentingan masakan, karena sumbangan uang ke Domus Pacis terbuka untuk segala kebutuhan dan kepentingan serta Domus Pacis ingin menghayati masakan sebagai tanda kasih umat.
  • Kegiatan Kelompok Rela Masak akan dilanjutkan hingga April 2014. Untuk ini setiap koordinator akan mengkonfirmasi ke para anggotanya dan kemungkinan akan adanya pergantian dan atau penambahan anggota baru. Pada tanggal 6 Desember 2013 para koordinator akan berjumpa lagi dengan para rama Domus Pacis untuk membicarakan tindak lanjut sesudah akhir Desemebr 2013.
  • Direncanakan untuk mempertemukan semua anggota pemerhati masak, baik yang lama maupun yang baru, dengan warga Domus Pacis dalam acara Natalan besok Minggu tanggal 5 Januari 2014.

0 comments:

Post a Comment