Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, November 29, 2013

HALANG-RINTANG EMOSIONAL (Sajian 13)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Kekeluargaan

Setiap kali aku melangkah ke arah kemurah-hatian, aku tahu bahwa aku bergerak dari ketakutan ke cinta kasih. Namun langkah-langkah ini, pasti pada awalnya, sulit dijalani karena ada begitu banyak emosi dan perasaan yang menahanku dari memberi secara rela hati. Mengapa aku harus memberikan energi, waktu uang dan, ya, bahkan perhatian kepada seseorang yang telah melukaiku? Mengapa aku harus berbagi kehidupanku dengan seseorang yang telah menunjukkan bahwa dia tidak menghargai hal itu? Aku mungkin mau mengampuninya, tetapi memberikan lebih dari itu! Meski begitu ... kebenarannya adalah bahwa, dalam arti spiritual, orang yang melukaiku termasuk di dalam "keluargaku", "gen-ku". Kata "generosity" (kemurah-hatian) mempunyai akar kata "gen" yang juga kita jumpai dalam kata-kata "gender" (jender), "generation" (generasi) dan "generativity" (kemampuan bergenerasi). Istilah ini, dari kata Latin genus dan kata Yunani genos, mengacu kepada keadaan kita sebagai sesama. Kemurah-hatian adalah memberi yang timbul dari pengetahuan akan ikatan yang intim tersebut. Kemurah-hatian sejati adalah bertindak atas kebenaran - bukannya atas perasaan - bahwa mereka yang kuminta untuk mengampuniku adalah "keluarga" dan termasuk dalam keluargaku. Dan manakala aku bertindak secara ini kebenaran itu akan makin tampak bagiku. Kemurah-hatian menciptakan keluarga yang percaya akan hal itu.
dari The Return of the Prodigal

0 comments:

Post a Comment