Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, November 3, 2013

BERTUMBUH MELALUI KECEMASAN (Sajian 10)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Kelemahan yang Kreatif

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya 
untuk sahabat-sahabatnya. (Yohanes 15:13)

Bagiku kata-kata ini meringkas makna dari pelayanan kristiani ... Ada banyak orang yang lewat berbagai pelatihan, telah mencapai kompetensi tingkat tinggi dalam arti pemahaman tentang perilaku manusia, namun sedikit yang mau mengorbankan hidupnya sendiri bagi orang lain dan membuat kelemahan mereka sebagai sumber kreativitas. Bagi banyak orang pelatihan profesional berati kekuasaan. Tetapi seorang pelayan, yang melepaskan jubahnya untuk membasuh kaki sahabat-sahabatnya tidak punya kekuasaan apa-apa, sedang pelatihan dan pembentukannya dimaksudkan untuk memampukannya menghadapi kelemahan sendiri tanpa takut dan membuatnya tersedia bagi orang lain. Kelemahan kreatif inilah yang betul-betul memberikan momentum bagi pelayanan.

... Pelayanan berarti upaya terus menerus untuk menyediakan pencariannya sendiri akan Allah, dengan segala saat-saat kesakitan dan sukacita, keputus-asaan dan harapan, bagi kepentingan orang lain yang ingin ikut serta dalam pencarian ini tetapi tidak tahu bagaimana. Oleh karena itu, pelayanan sama sekali bukanlah suatu hak istimewa. Sebaliknya, itulah inti dari kehidupan Kristen. Orang tak bisa disebut sebagai orang Kristen tanpa menjadi pelayan.
dari Creative Ministry

0 comments:

Post a Comment