Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, November 21, 2013

Lamunan Pesta Wajib


Santa Sesilia, Perawan dan Martir
Jumat, 22 November 2013

Lukas 19:45-48

19:45 Lalu Yesus masuk ke Bait Allah dan mulailah Ia mengusir semua pedagang di situ,
19:46 kata-Nya kepada mereka: "Ada tertulis: Rumah-Ku adalah rumah doa. Tetapi kamu menjadikannya sarang penyamun."
19:47 Tiap-tiap hari Ia mengajar di dalam Bait Allah. Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat serta orang-orang terkemuka dari bangsa Israel berusaha untuk membinasakan Dia,
19:48 tetapi mereka tidak tahu, bagaimana harus melakukannya, sebab seluruh rakyat terpikat kepada-Nya dan ingin mendengarkan Dia.


Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, agama juga berurusan dengan berbagai kebutuhan dan kepentingan duniawi. Apalagi dalam agama yang mengurus umat dengan institusi, orang akan dihadapkan dengan urusan harta dan keuangan bagi kebutuhan tempat ibadat, fasilitas berbagai kegiatan, ketenagaan, dan mungkin masih ada lainnya.
  • Tampaknya, karena berurusan dengan harta dan keuangan, agama dapat menggunakan cara-cara dunia bisnis. Untuk mendapatkan uang agama dapat menyelenggarakan perdagangan baik usaha jual beli barang maupun jasa.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa lembaga keagamaan berkaitan dengan urusan pengembangan hidup rohani, yang mengkhususkan diri dalam olah kepekaan hidup bergaul mesra dengan suara-suara relung kalbu, sehingga tidak berurusan dengan usaha cari keuntungan finansial atau profit oriented. Dalam yang ilahi tatanan keagamaan selalu menjadi arena umat belajar dan berlatih terus menerus mengolah daya-daya diri, mengembangkan diri, dan melibatkan diri demi kepentingan umum.
Ah, kalau begitu agama hanya akan jadi pemeras kekayaan umat.

0 comments:

Post a Comment