Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, November 23, 2013

HALANG-RINTANG EMOSIONAL (Sajian 7)



Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Kemunafikan

Pagi ini pada perayaan Ekaristi kami membahas kemunafikan, suatu sikap yang dikritik Yesus. Aku sadar bahwa kehidupan institusional mengarah kepada kemunafikan, karena kita yang menawarkan kepemimpinan spiritual seringkali menjumpai diri kita sendiri tidak hidup seperti yang kita kotbahkan atau kita ajarkan. Tidaklah mudah untuk menghindari kemunafikan sepenuhnya karena keinginan untuk berbicara dalam nama Tuhan, Gereja atau komunitas yang lebih besar, kita ternyata berbicara tentang hal-hal yang lebih besar daripada diri kita sendiri. Seringkali aku meminta orang-orang menjalani hidup yang tak dapat kujalani sendiri sepenuhnya.

Aku belajar bahwa obat terbaik untuk kemunafikan adalah komunitas. Ketika sebagai pemimpin spiritual aku hidup dekat dengan mereka yang aku layani, dan ketika aku dapat dikritik secara manis oleh umatku sendiri serta diampuni atas kekurangan-kekuranganku, maka aku tidak dianggap sebagai seorang munafik.

Kemunafikan bukanlah lebih banyak merupakan hasil dari tidak menjalani seperti yang apa aku kotbahkan tetapi terlebih adalah ketiadaan mengakui ketidak-mampuanku untuk hidup sepenuhnya seturut kata-kataku. Aku perlu menjadi seorang imam yang memohon pengampunan dari umatku atas kesalahan-kesalahanku.
dari Sabbatical Journey

0 comments:

Post a Comment