Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, November 22, 2013

HALANG-RINTANG EMOSIONAL (Sajian 6)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Ingatan yang Menyakitkan

Bagaimanakah kita disembuhkan dari ingatan-ingatan yang melukai? Pertama-tama kita disembuhkan dengan membiarkannya tersedia, dengan membawanya ke luar dari sudut keterlupaan dan dengan mengingatnya sebagai bagian dari cerita hidup kita. Apa yang terlupa tidaklah tersedia, dan apa yang tak tersedia tak dapat disembuhkan. Max Scheler menunjukkan bagaimana ingatan membebaskan kita dari kuasa peristiwa-peristiwa menyakitkan yang terlupakan dan menentukan. "Mengingat", katanya, "adalah awal kemerdekaan kekuatan terselubung dari hal-hal atau peristiwa yang diingat." Kalau para imam adalah pengingat, tugas pertama mereka adalah menawarkan ruang di dalam mana ingatan-ingatan masa lalu yang melukai dapat dicapai dan dibawa kembali kepada terang tanpa rasa takut. Jikalau tanah tidak dibajak, air hujan tidak dapat mencapai benih; kalau daun-daun yang jatuh tidak disapu, sinar matahari tidak dapat menumbuhkan tanaman yang tersembunyi. Demikian juga, apabila ingatan-ingatan kita tetap terbungkus oleh ketakutan, kecemasan atau kecurigaan, Sabda Allah tak dapat menghasilkan buah.
dari The Living Reminder

0 comments:

Post a Comment