Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, November 15, 2013

MEMELUK KESEPIAN (Sajian 10)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Fluktuasi

Akan tetapi dunia kita tidak terbagi di antara orang-orang yang kesepian dan orang-orang yang hidup dalam kesendirian. Kita selalu berfluktuasi di antara kedua kutub itu dan berbeda dari jam ke jam, hari ke hari, pekan ke pekan, serta tahun ke tahun. Kita harus mengakui bahwa kita hanya punya pengaruh yang hanya terbatas terhadap fluktuasi ini. Ada terlalu banyak faktor, yang diketahui maupun yang tak diketahui, yang berperan dalam perimbangan hidup batin kita. Namun apabila kita dapat mengenali kutub-kutub di antara mana kita bergerak serta mengembangkan sensitivitas kita terhadap ketegangan-ketegangan di dalam batin kita, maka kita tidak lagi harus merasa tersesat dan dapat mulai menegaskan arah ke mana kita mau bergerak.

Pengembangan sensitivitas batin ini adalah awal dari kehidupan spiritual. ... Dengan perlahan mengubah kesepian kita menjadi keheningan yang dalam, kita menciptakan tempat yang berharga di mana kita dapat menemukan Suara yang memberi tahu kita tentang kebutuhan batin kita - yaitu, panggilan kita.
dari Reaching Out

0 comments:

Post a Comment