Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, November 26, 2013

Sabda Hidup


Rabu, 27 November 2013
Fransiskus-Antonius Pasani
Warna Liturgi Hijau
Bacaan
Dan. 5:1-6,13-14,16-17,23-28;MT Dan. 3:62,63,64,65,66,67; Luk. 21:12-19

Lukas 21:12-19
12 Tetapi sebelum semuanya itu kamu akan ditangkap dan dianiaya; kamu akan diserahkan ke rumah-rumah ibadat dan penjara-penjara, dan kamu akan dihadapkan kepada raja-raja dan penguasa-penguasa oleh karena nama-Ku. 13 Hal itu akan menjadi kesempatan bagimu untuk bersaksi. 14 Sebab itu tetapkanlah di dalam hatimu, supaya kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. 15 Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu. 16 Dan kamu akan diserahkan juga oleh orang tuamu, saudara-saudaramu, kaum keluargamu dan sahabat-sahabatmu dan beberapa orang di antara kamu akan dibunuh 17 dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. 18 Tetapi tidak sehelaipun dari rambut kepalamu akan hilang. 19 Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu."

Renungan
Suatu kali dalam sebuah perjumpaan saya dihujani dengan aneka macam pertanyaan. Kala itu saya belum mempunyai bekal yang memadai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kemudian saya teringat dengan janji Tuhan seperti tertulis dalam Luk 21:14-15, "...kamu jangan memikirkan lebih dahulu pembelaanmu. Sebab Aku sendiri akan memberikan kepadamu kata-kata hikmat, sehingga kamu tidak dapat ditentang atau dibantah lawan-lawanmu." Maka sejenak kupejamkan mataku dan bermohon supaya Tuhan berkenan berkarya dan membela. Maka aneka pertanyaan yang di luar kemampuanku untuk menjawab bisa kujawab dengan baik, bahkan ada yang mengatakan, "Kalau nikah nanti aku akan nikah di Katolik." Gantian kutanya, "Kenapa?" Jawabnya, "Karena dalam pernikahan Katolik perempuan dihargai, mempunyai kedudukan yang sama dengan lelaki dan ada rasa terjamin untuk tidak diduakan."
Ada banyak kemampuan yang tak terduga kala kita berani mengandalkan dan mempersilakan Allah bekerja dalam hidup kita. Allah sendiri melalui PuteraNya menjamin memberikan jawaban. Dan jawaban itu akan menjadi kesaksian iman.

Kontemplasi
Bayangkan salah satu peristiwa di mana anda merasakan Allahlah yang bekerja padamu.

Refleksi
Tulislah peran Yesus dalam kondisimu yang lagi sulit.

Doa
Pujian dan hormat kepadaMu ya Tuhan yang selalu berkenan mengurai segala masalahku dan menjadikan bahan kesaksian. Amin.

Perutusan
Aku akan berani menghadirkan Kristus dalam pergaulanku.

0 comments:

Post a Comment