Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, November 30, 2013

HALANG-RINTANG EMOSIONAL (Sajian 14)


Kolom "Pastoral Ketuaan" akan menyajikan tulisan tentang bagaimana menata hidup batin. Tulisan ini ditulis oleh Henri J.M. Nouwen dalam buku Tarian Kehidupan yang diterjemahkan secara anonim dan tidak dinyatakan dari penerbit dan percetakan apa. 

Lautan Kasih

Allah yang mahabaik, hari ini aku merenungkan kata-kata Vincent van Gogh: "Benarlah ada surut dan pasang, namun laut tetaplah laut". Engkaulah laut. Meski aku mengalami banyak naik turun dalam emosiku dan sering merasakan pergeseran dan perubahan besar dalam kehidupan batinku, Engkau tetaplah sama. Kesamaan-Mu bukanlah kesamaan batu karang, tetapi kesamaan seorang Pencinta yang setia. Dari kasih-Mu aku dilahirkan; oleh kasih-Mu aku dipelihara; dan kepada kasih-Mu aku selalu dipanggil kembali. Ada hari-hari menyedihkan dan bersukacita; ada perasaan-perasaan bersalah dan bersyukur; ada saat-saat kegagalan dan kesuksesan; namun semuanya itu dipeluk oleh kasih-Mu yang tak berubah.

Godaan satu-satunya yang nyata bagiku adalah meragukan kasih-Mu, menganggap diriku di luar jangkauan kasih-Mu, menyembunyikan diriku dari cahaya penyembuhan kasih-Mu. Dengan melakukan hal-hal itu maka aku bergerak ke arah keputus-asaan yang gelap.

Ya Tuhan, lautan kasih dan kebaikan, buatlah supaya aku tidak terlalu takut akan badai dan angin kehidupanku sehari-hari, dan buatlah aku tahu bahwa ada surut dan pasang, tetapi laut tetaplah laut. Amin.
dari A Cry for Mercy

0 comments:

Post a Comment