Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, November 6, 2013

Sabda Hidup


Kamis, 07 November 2013
Gratia dr Kotar, Assunta Pallota
Warna Liturgi Hijau
Bacaan
Rm. 14:7-12; Mzm. 27:1,4,13-14; Luk. 15:1-10

Lukas 15:1-10
15:1 Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia.
15:2 Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: "Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka."
15:3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:
15:4 "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?
15:5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,
15:6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.
15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."
15:8 "Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?
15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.
15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat."


Renungan
Yesus berkata, "Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat" (ay 10). Kalimat ini menandakan harapan Allah yang luar biasa atas hadirnya pertobatan. Selain itu juga mengandaikan bahwa banyak manusia jatuh dalam dosa dan tidak mau berbalik lagi kepada Allah. Satu orang berdosa bertobat sudah menghadirkan sukacita pada malaikat-malaikat Allah. Andai seratus orang bisa dibayangkan betapa bergembiranya mereka.
Sambutan pada mereka yang bertobat membuat diri mereka berarti. Seorang pendosa tentu mengalami rasa ketidak pantasan dengan komunitas-komunitas sebelumnya. Ada rasa khawatir mengotori dsb. Dan orang-orang pun sering masih curiga dengan pendosa yang bertobat. Maka untuk menjamin rasa diterima Yesus pun menegaskan bagaimana para malaikat bergembira pada mereka yang bertobat.

Kontemplasi
Carilah tempat yang tenang. Pejamkan matamu. Ingatlah salah satu saudaramu yang memisahkan diri dari keluarga. Lama ia tak kembali dan kemudian pada suatu waktu datang meminta maaf padamu.

Refleksi
Bagaimana penerimaanmu pada mereka yang lagi bertobat??

Doa
Tuhan aku menjadi orang yang ramah pada mereka yang baru bertobat dan masih labil psikologi dan keyakinannya. Amin.

Perutusan
Aku akan menerima mereka yang bertobat dengan gembira.

0 comments:

Post a Comment