Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, January 18, 2016

6 Tanda Kurang Minum Air Putih yang Sering Kamu Abaikan


diambil dari http://citizen6.liputan6.com lewat FB Hari Santosa Agustinus

Oleh Azwar Anas 28 Desember 2015



Citizen6 Jakarta Air putih merupakan kebutuhan manusia yang paling penting dan utama. Tubuh manusia yang terdiri dari hampir 70% nya cairan, membutuhkan air agar kondisi organ-organ tubuh manusia tetap terjaga fungsinya. Setiap harinya, seorang manusia dianjurkan untuk meminum delapan gelas air putih, walaupun kebutuhan tiap orang akan air putih berbeda-beda tergantung dari jumlah cairan di tubuhnya yang hilang.

Banyaknya manfaat air putih seperti mengencangkan kulit, menurunkan berat badan, melancarkan pencernaan, dan bisa membuatmu tidak mudah merasa lelah, menjadi catatan penting bagi kita semua betapa pentingnya air putih dalam keseharian kita. Namun, banyak dari kita yang kadang tidak sadar bahwa sebenarnya kita sedang kekurangan air putih. Dan sebenarnya tubuh telah memberikan kepada kita sinyal-sinyal bahwa tubuh kita butuh asupan air putih.

Apa sajakah tanda-tanda tersebut? Inilah 6 diantara sekian pertanda tubuh kita butuh air putih:

1. Mulut Kering
Mulut kering merupakan tanda-tanda paling jelas bahwa kita kurang minum air. Air putih melumasi selaput lendir mulut dan tenggorokan, yang akan terus menjaga mulut anda basah dan mencegah agar tidak kering.

2. Kulit Kering
Kulit Anda adalah organ terbesar tubuh Anda, jadi tentu saja perlu untuk tetap terhidrasi. Bahkan, kulit kering adalah salah satu tanda-tanda awal tubuh kita mengalami dehidrasi. Kurangnya air berarti jumlah kerinhgat yang keluar juga berkurang, yang akan mengarah ke ketidakmampuan tubuh untuk membersihkan kotoran dan minyak berlebih yang terakumulasi sepanjang hari. Ini dapat memicu timbulnya jerawat di bagian-bagian tubuh tertentu.

3. Mata Terasa Kering
Kemudian bagian tubuh lainnya yang terkena efek kuraangnya minum air ialah mata kita. Kurangnya asupan dari air akan menyebabkan mata yang kering, dan kemudian menyebabkan mata merah. Ini diakibatkan dengan tidak adanya air di dalam tubuh, saluran air mata menjadi kering. Ini akan menjadi lebih berbahaya bila kita adalah pengguna kontak lens, yang mana membutuhkan mata untuk tetap lembab dan tidak kering.

4. Massa Otot Kita Semakin Berkurang
Otot kita, juga kebanyakan terdiri dari air. Sudah jelas bahwa kurangnya asupan air yang tubuh kita dapatkan berarti juga berkurangnya massa otot yang kita miliki. Minum air sebelum dan sesudah latihan bukan hanya mencegah kita dari dehidrasi, melainkan juga membantu membawa air ke bagian tubuh yang benar dan mengurangi resiko terjadinya peradangan dan nyeri sesudah latihan dan angkat besi.

5. Kamu Merasa Lelah dan Lesu
Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh kita akan “meminjam” air dari darah kita. Kurangnya darah yang ter hidrasi berujung kepada kurangnya oksigen yang diantarkan ke seluruh tubuh.  Tentu saja, kekurangan oksigen menyebabkan kantuk dan kelelahan secara langsung. Bagi kamu yang sering merasa cepat lelah dan lesu, mungkin kamu kurang minum air putih hari ini?

6. Mengalami Masalah Pencernaan
Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas tentang lendir di mulut dan tenggorokan kita, dan bagaimana menjaga terhidrasi memungkinkan membran untuk berfungsi dengan benar, hal ini juga berlaku untuk seluruh sistem pencernaan. Tanpa asupan air yang tepat, jumlah dan kekuatan lendir di lambung akan berkurang, dan memungkinkan asam lambung untuk melakukan beberapa “kerusakan” pada bagian tubuh kita. Kemudian, hal inilah yang menyebabkan dan biasa kita sebut sebagai mulas atau gangguan pencernaan. (war)

Pengirim: Fadilah Nugi Nugroho, (Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Diponegoro)

0 comments:

Post a Comment