Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, January 27, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Thomas Aquino, Imam dan Pujangga Gereja
Kamis, 28 Januari 2016

Markus 4:21-25

4:21. Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Orang membawa pelita bukan supaya ditempatkan di bawah gantang atau di bawah tempat tidur, melainkan supaya ditaruh di atas kaki dian.
4:22 Sebab tidak ada sesuatu yang tersembunyi yang tidak akan dinyatakan, dan tidak ada sesuatu yang rahasia yang tidak akan tersingkap.
4:23 Barangsiapa mempunyai telinga untuk mendengar, hendaklah ia mendengar!"
4:24 Lalu Ia berkata lagi: "Camkanlah apa yang kamu dengar! Ukuran yang kamu pakai untuk mengukur akan diukurkan kepadamu, dan di samping itu akan ditambah lagi kepadamu.
4:25 Karena siapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi, tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, kalau menunjukkan kebaikan pribadi orang dapat disebut sombong. Kesombongan memang merupakan sikap yang tidak dapat dihargai.
  • Tampaknya, dengan menunjukkan kebaikan pribadi memang dapat menjadi sarana politik untuk mendapatkan status sosial. Namun demikian hal ini hanya akan menjadi hal yang oleh masyarakat disebut pencitraan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin orang justru tidak akan menyembunyikan kebaikan yang ada dalam dirinya, karena bagi dia dirinya bukan kebaikan itu sendiri tetapi hanya alat pemancar sehingga apapun bentuk kebaikannya selalu menjadi kebaikan umum. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menyadari dirinya adalah alat untuk menjadi pancaran kebaikan.
Ah, segala kebaikan yang ada dalam diri adalah hasil prestasi perjuangan sehingga harus jadi alat mencari kesejahteraan pemiliknya.

0 comments:

Post a Comment