Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, January 23, 2016

Lamunan Pekan Biasa III

Hari Ketujuh Pekan Doa Sedunia
Minggu, 24 Januari 2016

Lukas 1:1-4; 4:14-21

1:1. Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita,
1:2 seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman.
1:3 Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu,
1:4 supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.
4:14. Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu.
4:15 Sementara itu Ia mengajar di rumah-rumah ibadat di situ dan semua orang memuji Dia.
4:16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.
4:17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis:
4:18 "Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; dan Ia telah mengutus Aku
4:19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan penglihatan bagi orang-orang buta, untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."
4:20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.
4:21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tak sedikit yang menganggap bahwa berbicara tentang agama berkaitan dengan warisan religi di masa lampau seperti upacara ritual, rumus-rumusan ajaran dan tata aturan. Itu harus dipertahankan untuk menjaga kemurnian hidup beragama.
  • Tampaknya, tak sedikit yang menganggap bahwa ahli agama adalah orang yang mampu memberikan penjelasan mengapa itu harus dipertahankan. Seorang ahli akan memberikan pemahaman cakrawala masa lalu dari berbagai segi kehidupan untuk menjelaskan latar belakang dari warisan keagamaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa bergaul dengan kedalaman batin agama sejati akan menghadirkan hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai luhur hakiki yang berada di balik warisan masa lampau dan menghadapkannya dengan data nyata masa kini sehingga menjadi dorongan motivasi untuk membangun kebaikan umum terutama bagi kaum papa dan menderita. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati tradisi hidup beragama untuk membangun hidup bersama dengan siapa saja secara inklusif, inovatif dan transformatif. 
Ah, agama itu ya untuk urusan hubungan manusia dengan Tuhan.

0 comments:

Post a Comment