Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, January 15, 2016

Lamunan Pekan Biasa I

Sabtu, 16 Januari 2016

Markus 2:13-17

2:13. Sesudah itu Yesus pergi lagi ke pantai danau, dan seluruh orang banyak datang kepada-Nya, lalu Ia mengajar mereka.
2:14 Kemudian ketika Ia berjalan lewat di situ, Ia melihat Lewi anak Alfeus duduk di rumah cukai lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku!" Maka berdirilah Lewi lalu mengikuti Dia.
2:15 Kemudian ketika Yesus makan di rumah orang itu, banyak pemungut cukai dan orang berdosa makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya, sebab banyak orang yang mengikuti Dia.
2:16 Pada waktu ahli-ahli Taurat dari golongan Farisi melihat, bahwa Ia makan dengan pemungut cukai dan orang berdosa itu, berkatalah mereka kepada murid-murid-Nya: "Mengapa Ia makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?"
2:17 Yesus mendengarnya dan berkata kepada mereka: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit; Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit orang yang yakin bahwa perkembangan pribadi ditentukan oleh keluarga, lingkungan pergaulan dan tempat pendidikan formal. Walau di rumah dan di sekolah mendapat pendidikan baik orang dapat berperilaku buruk karena pengaruh lingkungan pergaulan.
  • Tampaknya, ada anggapan untuk menjaga kebaikannya orang harus menjauhi lingkungan orang-orang buruk. Orang baik akan berada dalam pergaulan di antara orang-orang baik.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang akrab bergaul dengan kedalaman batin orang akan sadar bahwa kesejatian kebaikan seseorang justru tidak dapat dibuktikan karena pergaulannya dengan lingkungan orang-orang baik karena kebaikan sejati justru akan membawa orang bergaul dekat dengan orang-orang berperilaku buruk tetapi tetap teguh baik dan tak terseret dalam keburukan kiri kanannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menjadi makin baik justru di kalangan tidak baik.
Ah, untuk baik kita harus menolak yang jahat.

0 comments:

Post a Comment