Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, November 23, 2016

INILAH TANDA-TANDA KEKURANGAN ZAT BESI

diambil dari FB Bms Suryasudarma Senin 21-11-2016

Lemah? Tidak bisa konsentrasi? Kekurangan zat besi sering tidak bisa diketahui dengan mudah. Coba perhatikan beberapa hal ini, kemudian cek ke dokter.

Merasa Lelah

Terutama perempuan yang aktif sering mengalami kekurangan zat besi. Tubuh menggunakan zat besi untuk memproduksi hemoglobin, yaitu substansi dalam darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika sel darah merah yang sehat tidak cukup diproduksi tubuh, orang akan merasa lelah.

Susah Fokus

Neurotransmiter adalah senyawa organik endogenus yang membawa sinyal di antara neuron. Jika kekurangan zat besi, neurotransmiter tidak bisa atau kurang bisa saling berhubungan, sehingga orang yang mengalaminya tidak bisa memfokuskan diri secara maksimal.

Sikap Tak Acuh

Ini juga bisa disebabkan neurotransmitter yang tidak berfungsi maksimal karena kekurangan zat besi. Yang tampak adalah sikap masa bodoh terhadap semua orang, baik keluarga, teman, maupun pekerjaan dan kegemaran.

Gangguan Bernafas?

Bukan hanya jika sedang berolah raga, jika anda kekurangan zat besi, kemungkinan jika menaiki tangga atau berjalan biasa, anda akan merasakan gangguan bernafas. Penjelasannya jika darah kekurangan zat besi, tubuh juga kekurangan oksigen. Demikian dikatakan konsultan nutrisi Kimberly Mueller, R.D.

Pucat yang tidak Normal

Kalau kulit anda pucat, itu biasanya bukan tanda baik. Salah satu penyebabnya bisa karena kurangnya aliran darah, atau berkurangnya jumlah sel darah merah. Itu juga dampak kurangnya zat besi. Demikian penjelasan Mueller.

Stamina Menurun

Anda tidak mampu mengayuh atau berlari sejauh seperti beberapa pekan lalu, padahal anda rajin berolahraga? Kurangnya zat besi bisa menyebabkan stamina tubuh berkurang. Demikian hasil penelitian Universitas Cornell.

Sakit Otot

Jika kekurangan zat besi, maka orang akan merasakan sakit otot lebih parah setelah berolah raga. Penyebabnya zat besi memperkuat kemampuan otot untuk kembali ke kondisi semula. Jika jumlahnya sedikit, itu menyebabkan sakit.

Kuku Mudah Rusak

Kuteks paling mahal serta manikur profesional tidak bisa memperbaiki kesehatan kuku yang tipis dan mudah rusak. Jika anda mengalami gangguan pada kuku, itu juga bisa jadi tanda kekurangan zat besi.

Sering Infeksi

Jika anda sering sakit, terutama jika anda sering mengalami gangguan atau sakit pernapasan, mungkin kekurangan zat besi jadi penyebabnya, demikian Mueller. Untuk tahu lebih jelas, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Urin Merah atau Kemerahan

Sepertinya aneh. Jika orang makan bit merah, biasanya urin akan berwarna kemerahan. Menurut Blaire Morriss dari Vanderbilt Center for Integrative Health, kemungkinannya jauh lebih besar lagi, jika orang kekurangan zat besi.

Deutsche Welle
Rubrik Kesehatan: Kekurangan Zat Besi
Publikasi 14 November 2016

(Dari Koleksi Pribadi Artikel Ilmiah)

0 comments:

Post a Comment