Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, November 2, 2016

Rm. Tri Hartono Ngandika (2-11-2016)


Mendoakan arwah.
 

Hari ini kita merayakan arwah semua orang beriman. Secara khusus kita doakan arwah keluarga, kerabat dan orang dekat yang telah dipanggil Tuhan.
 

Entah karena merasa diri sudah tua dan memasuki tahap akhir sebelum dipanggil Tuhan atau karena sudah pensiun sehingga punya banyak waktu untuk mendoakan arwah, yang jelas saya pribadi akhir-akhir ini lebih sering mendoakan arwah saudara-saudara, kenalan yang sudah dipanggil Tuhan. Dan rasanya lebih tenang setelah mendoakan para arwah tersebut. Mungkin karena yang didoakan menjadi lebih tenang jiwanya dan ketenangan jiwanya berimbas bagi ketenangan jiwa kita. Atau mungkin arwah para Kudus di Surga gantian mendoakan kita yang masih di dunia ini. Yang jelas ada ketenangan setelah mendoakan arwah para leluhur kami. Istilah yang lebih tepat "dengan saling mendoakan kita mendapatkan ketenangan batin."
 

Maka marilah kita lebih rajin mendoakan arwah leluhur kita. Itulah sekelumit pengalaman saya pribadi.

0 comments:

Post a Comment