Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, November 9, 2016

Rekoleksi Merayakan Santo Lukas


"Kula sakanca Lingkungan Lukas Wilayah Puluh Watu badhe nyuwun renungan kangge mekaring umat Lingkungan. Lingkungan dinten sakmenika mengeti pengayoman, inggih menika Santo Lukas" (Kami dari Lingkungan Santo Lukas yang termasuk Wilayah Puluh Watu, Paroki Klaten, berharap mendapatkan renungan untuk umat. Hari ini kami umat Lingkungan memperingati pelindung, yaitu Santo Lukas). Kata-kata itu muncul dari Pak Hadi yang mengkoordinasi kehadiran umat Lingkungan Santo Lukas pada Minggu 30 Oktober 2016. Mereka sudah masuk gedung Domus Pacis sekitar jam 08.45. Sebanyak 55 orang mengikuti rekoleksi yang dibimbing oleh Rm. Bambang. Sesudah dibuka dengan nyanyian dan doa, salah satu peserta membacakan kutipan Injil Lukas 1:1-4: "Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar."

Rm. Bambang menekankan kata-kata yang ditebalkan. Dari situ umat diajak untuk peka dan memperhatikan peristiwa yang nyata terjadi. Itu penting untuk menghayati iman kepada Tuhan Yesus sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat. Renungan diselesaikan pada jam 10.30 dan kemudian para rama yang lain diajak untuk ikut menyambut. Para rama yang ikut menambut adalah Rm. Tri Hartono, Rm. Yadi dan Rm. Harto. Rm. Yadi memperkenalkan secara sekilas tentang Domus Pacis dengan beberapa kegiatannya. Tanya jawab pun terjadi. Tetapi pada jam 11.15 para tamu menutup acara di Domus Pacis dengan makan siang. Mereka memang masih akan meneruskan perjalanan untuk kunjungan di Seminari Menengah Mertoyudan. 

0 comments:

Post a Comment