Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, November 29, 2016

Lamunan Pesta

Santo Andreas, Rasul
Rabu, 30 November 2016

Matius 4:18-22

4:18. Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.
4:19 Yesus berkata kepada mereka: "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia."
4:20 Lalu merekapun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia.
4:21 Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka
4:22 dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, secara praktis gambaran ikut Tuhan banyak dikaitkan dengan tatanan dan upacara keagamaan. Agama banyak dipandang sebagai landasan dasar ikut Tuhan.
  • Tampaknya, orang yang sungguh ikut Tuhan harus hidup menurut aturan-aturan dalam agama. Dia akan setia melakukan upacara dan apa saja yang diatur dalam agama.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, orang akan menyadari bahwa landasan dasar berperilaku sebagai pengikut Tuhan adalah sikap terbuka pada realita perkembangan sehingga dalam penghayatan hidup termasuk beragama orang akan dinamis dan tidak akan terjerat pada bentuk-bentuk kebiasaan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan selalu ikut Tuhan sesuai dengan perkembangan situasi hidup dan budaya setempat.
Ah, ikut Tuhan itu ya setia menjalani tradisi dalam agama.

0 comments:

Post a Comment