Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, September 2, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Gregorius Agung, Paus dan Pujangga Gereja
Sabtu, 3 September 2016

Lukas 6:1-5

6:1. Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya.
6:2 Tetapi beberapa orang Farisi berkata: "Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?"
6:3 Lalu Yesus menjawab mereka: "Tidakkah kamu baca apa yang dilakukan oleh Daud, ketika ia dan mereka yang mengikutinya lapar,
6:4 bagaimana ia masuk ke dalam Rumah Allah dan mengambil roti sajian, lalu memakannya dan memberikannya kepada pengikut-pengikutnya, padahal roti itu tidak boleh dimakan kecuali oleh imam-imam?"
6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: "Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada gambaran bahwa agama adalah pegangan manusia untuk hidup baik. Orang yang mau hidup baik, benar dan luhur harus beragama dan taat pada agamanya.
  • Tampaknya, untuk menjaga kebaikan manusia dalam agama tersedia berbagai tatanan yang berisi baik kewajiban maupun larangan. Ketaatan pada tatanan agama harus dijalani oleh penganut untuk menjaga kebaikan diri.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sewajib apapun aturan keagamaan hal ini harus dilandaskan oleh realita kebutuhan hidup manusia karena pada dasarnya keberadaan agama adalah untuk manusia sehingga agama harus manusiawi. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang sadar bahwa agama adalah tanda dan sarana untuk berhubungan mesra dengan Tuhan dan untuk terbuka pada siapapun.
Ah, bagaimanapun juga agama itu asalnya dari sorga maka orang tak boleh mempermasalahkan apapun perintahnya.

0 comments:

Post a Comment