Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, September 4, 2016

RM. TRI HARTONO NGANDIKA


 Suka Mencari Kesalahan

Injil hari ini mengingatkan kita agar kita jangan suka mencari kesalahan orang lain. Kadang ada orang tua yang suka komentar bahwa anak muda jaman sekarang kurang memahami 'unggas ungguh' seperti jaman dahulu. Sebaliknya kadang ada anak muda yang suka komentar orang tua sudah ketinggalan jaman kok masih menasihati orang muda. Bukan masalah tua atau muda, kalau orang mau mencari-cari kesalahan tentu ada.

Biasanya orang yang suka mencari kesalahan orang lain, itu mendasarkan diri pada aturan kecil-kecil dan lepas dari konteksnya yang lebih besar. Padahal kita tahu bahwa hukum lebih utama dari pada aturan. Dan hukum yang utama adalah CINTA KASIH. Maka lebih baik bila kita lebih mengutamakan mengasihi dari pada mencari kesalahan. Ada kekurangan pada diri orang tua mau pun orang muda. Tetapi bila kita saling mengasihi maka kita akan lebih damai dari pada saling menyalahkan.


Mengasihi adalah rahmat Tuhan. Maka marilah kita mohon rahmat Tuhan agar suasana saling mengasihi ada dalam kehidupan kita bersama,
makin tua dan sakit-sakitan semakin banyak waktu untuk berdoa. Berarti makin memberi bingkai dan kerangka hidupnya dengan relasi dengan Allah. Amin.

0 comments:

Post a Comment