Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, September 30, 2016

Lamunan Pesta

Santa Teresia dari Kanak-kanak Yesus, Perawan dan Pujangga Gereja
Sabtu, 1 Oktober 2016

Matius 18:1-4

18:1. Pada waktu itu datanglah murid-murid itu kepada Yesus dan bertanya: "Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga?"
18:2 Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka
18:3 lalu berkata: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
18:4 Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Sorga.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang akan merasa bangga karena termasuk golongan orang-orang besar. Dia akan merasa memiliki status khusus dan terhormat di tengah masyarakat.
  • Tampaknya, dengan menjadi orang besar seseorang dapat dipandang sebagai yang bercakrawala luas. Dia akan bahagia karena dapat memberikan pengetahuan kepada banyak orang lain.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, sehebat apapun seseorang menjadi golongan orang besar, dia tak akan mengalami kebahagiaan sebesar dan sedalam golongan orang-orang kecil yang meskipun sadar akan kerendahan statusnya tetapi mampu memiliki imajinasi indah sehingga menjadi orang yang mudah ikhlas sekalipun menjadi permainan orang-orang gedhe. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menemukan kebahagiaan sejati justru dalam model anak-anak kecil.
Ah, bagaimanapun juga kebahagiaan anak tergantung pada orang tuanya.

0 comments:

Post a Comment