Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, September 19, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Andreas Kim Taegon, Im dan Paulus Chong Ha-sang dan Kawan-kawan Martir Korea
Selasa, 20 September 2016

Lukas 8:19-21

8:19 Ibu dan saudara-saudara Yesus datang kepada-Nya, tetapi mereka tidak dapat mencapai Dia karena orang banyak.
8:20 Orang memberitahukan kepada-Nya: "Ibu-Mu dan saudara-saudara-Mu ada di luar dan ingin bertemu dengan Engkau."
8:21 Tetapi Ia menjawab mereka: "Ibu-Ku dan saudara-saudara-Ku ialah mereka, yang mendengarkan firman Allah dan melakukannya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di antara umat dalam Gereja Katolik ada gambaran bahwa yang disebut martir adalah orang yang amat teguh mempertahankan keyakinan agama dalam bahaya apapun. Dia tidak dapat diubah sedikitpun dari sikap keyakinannya sekalipun oleh penguasa besar dengan ancaman-ancaman berbahaya.
  • Tampaknya, di antara umat dalam Gereja Katolik ada gambaran bahwa seseorang disebut martir karena mati demi keyakinan agama. Kematiannya terjadi karena dibunuh oleh musuh keyakinan agamanya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, seseorang disebut martir bukan terutama karena mati membela agama tetapi terutama karena pola hidup di tengah siapapun yang dilandasi oleh hati terbuka dan bahkan bekerjasama berjuang demi kebaikan umum dengan siapapun yang berkendak baik tanpa batas-batas primordial seperti suku, agama, ras dan antar golongan. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan memiliki sikap tertutup dalam persaudaraan.
Ah, yang disebut martir itu ya yang sudah mati bela agama Katolik.

0 comments:

Post a Comment