Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, September 29, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Hieronimus, Imam dan Pujangga Gereja
Jumat, 30 September 2016

Lukas 10:13-16

10:13 "Celakalah engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! karena jika di Tirus dan di Sidon terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama mereka bertobat dan berkabung.
10:14 Akan tetapi pada waktu penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan dari pada tanggunganmu.
10:15 Dan engkau Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan diturunkan sampai ke dunia orang mati!
10:16 Barangsiapa mendengarkan kamu, ia mendengarkan Aku; dan barangsiapa menolak kamu, ia menolak Aku; dan barangsiapa menolak Aku, ia menolak Dia yang mengutus Aku."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, di dalam hidup beragama salah satu hal yang termasuk amat penting adalah pertobatan. Sikap tobat dituntut agar orang selalu hidup suci.
  • Tampaknya, ada pandangan umum bahwa pertobatan berkaitan dengan sikap menolak yang jahat. Dengan bertobat orang ingat akan dosa-dosanya dan bersedia untuk tidak lagi melakukan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul dekat dengan kedalaman batin, pertobatan sejati tidak terutama berkaitan dengan perilaku berjuang untuk tidak lagi berbuat keliru bahkan dosa tetapi terutama merupakan sikap hati bersedia mendengarkan berbagai cakrawala yang tidak cocok dengan kebiasaan diri sehingga menjadi jalan tol untuk menggapai kebahagiaan sejati. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan terbiasa tidak terbelenggu dengan pola piker, rasa dan kehendak diri sehingga mudah menerima kebaikan di luar cakrawalanya.
Ah, identitas diri itu penting sehingga orang harus mempertahankan kekhasannya.

0 comments:

Post a Comment