Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, September 14, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santa Maria Berdukacita
Kamis. 15 September 2016

Lukas 2:33-35

2:33 Dan bapa serta ibu-Nya amat heran akan segala apa yang dikatakan tentang Dia.
2:34 Lalu Simeon memberkati mereka dan berkata kepada Maria, ibu Anak itu: "Sesungguhnya Anak ini ditentukan untuk menjatuhkan atau membangkitkan banyak orang di Israel dan untuk menjadi suatu tanda yang menimbulkan perbantahan
2:35 --dan suatu pedang akan menembus jiwamu sendiri--,supaya menjadi nyata pikiran hati banyak orang."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang akan berjuang untuk selalu menemukan kegembiraan. Dia akan berusaha untuk bebas dari rasa susah dan derita.
  • Tampaknya, derita akan makin menjadi berat sekali kalau hidup diwarnai dukacita. Yang namanya dukacita adalah penderitaan yang masuk dalam lekuk-lekuk seluruh hati orang.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, seberat apapun derita dialami hingga merasuk dalam jiwa raga, kalau dihayati demi keceriaan dan kesejahteraan hidup bersama hal itu justru akan mengembangkan daya nalar dan dinamika banyak orang. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mudah bersyukur dalam segala derita demi kebaikan umum.
Ah, tak ada gunanya harus susah payah demi orang lain karena setiap orang harus menanggung hidupnya sendiri.

0 comments:

Post a Comment