Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, September 26, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Vinsensius a Paulo, Imam
Selasa, 27 September 2016

Lukas 9:51-56

9:51. Ketika hampir genap waktunya Yesus diangkat ke sorga, Ia mengarahkan pandangan-Nya untuk pergi ke Yerusalem,
9:52 dan Ia mengirim beberapa utusan mendahului Dia. Mereka itu pergi, lalu masuk ke suatu desa orang Samaria untuk mempersiapkan segala sesuatu bagi-Nya.
9:53 Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia, karena perjalanan-Nya menuju Yerusalem.
9:54 Ketika dua murid-Nya, yaitu Yakobus dan Yohanes, melihat hal itu, mereka berkata: “Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?”
9:55 Akan tetapi Ia berpaling dan menegor mereka.
9:56 Lalu mereka pergi ke desa yang lain.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, dari berbagai pertunjukan kisah seperti sinetron, wayang dan drama, tontonan tak akan menarik kalau tak ada pertentangan, permusuhan dan bahkan perang. Dalam pertunjukan seperti itu bahkan ada semacam pengajaran moral bahwa yang benar akhirnya akan menang.
  • Tampaknya, dalam kenyataan hidup harian orang juga menyaksikan bahkan mengalami permusuhan. Sadar atau tidak sadar antar yang bermusuhan akan berjuang mengalahkan musuh atau paling tidak menunjukkan bahwa musuhnya adalah yang tidak benar.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan gema relung hati, sekalipun mendapatkan perlakuan tak mengenakkan dan amat menyakitkan hati dan bahkan mengancam keselamatan, orang tidak akan membalas dan mencari cara atau jalan lain untuk menghindari balas dendam sehingga terhindar masuk dalam pola tindakan yang sama mengancam keselamatan orang lain. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati  orang juga akan menjaga keselamatan musuh.

Ah, bagaimanapun juga yang namanya musuh ya harus dikalahkan.

0 comments:

Post a Comment