Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, December 7, 2016

Lamunan Pekan II Adven

Jumat, 9 Desember 2016

Matius 11:16-18

11:16. Dengan apakah akan Kuumpamakan angkatan ini? Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan berseru kepada teman-temannya:
11:17 Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak berkabung.
11:18 Karena Yohanes datang, ia tidak makan, dan tidak minum, dan mereka berkata: Ia kerasukan setan.
11:19 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan mereka berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. Tetapi hikmat Allah dibenarkan oleh perbuatannya."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang atau kelompok orang dapat dianggap baik karena rajin dalam kegiatan keagamaan. Mereka dapat dianggap serius sebab mau terus memperdalam agama.
  • Tampaknya, tidak sedikit orang-orang yang serius beragama ikut acara-acara keagamaan di mana-mana. Pergi ke banyak tempat suci juga dapat dipandang menempatkan orang pada golongan serius keagamaan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin, sekalipun amat rajin menjalani hidup agama dan ikut pendalaman-pendalaman keagamaan, kalau segala kegiatannya sarat dengan kekakuan dunia pandangan sendiri dan apalagi dibalik semuanya sarat dengan kepentingan-kepentingan duniawi, dan siapapun dan apapun yang tidak mememenuhi hasrat dan mendukung pandangannya akan dipandang buruk dan bahkan jahat. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayatai hidup keagamaan sebagai tanda sarana mempertajam kepekaan batin akan kebaikan yang dijumpai dari manapun asalnya.
Ah, orang itu unik sehingga harus menjaga kekhasan diri jangan sampai terpengaruh orang lain.

0 comments:

Post a Comment