Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, December 5, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Ambrosius, Uskup dan Pujangga Gereja
Rabu, 7 Desember 2016

Matius 11:28-30

11:28 Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.
11:29 Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.
11:30 Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, tidak sedikit orang menggambarkan bahwa ketenangan hidup sama dengan hidup tanpa beban dan masalah. Dengan beban orang dapat merasa kecapekan, dan dengan masalah orang dapat mengalami tekanan batin.
  • Tampaknya, tidak sedikit orang menggambarkan bahwa bersama Tuhan segala beban dan masalah akan menyingkir. Kesatuan dengan Tuhan membuat orang akan mengalami keselarasan tanpa perkara.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, ketenangan batin termasuk rasa segar bukan berarti  bebas dari masalah dan beratnya beban hidup sehari-hari, karena bersama Tuhan orang akan memiliki hati lembut yang menghadirkan kekuatan batin dan lahir sehingga yang menyusahkan jadi menggembirakan dan yang berat jadi kepuasan sekalipun ada berbagai tambahan beban dan masalah. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan menghayati segala beban dan masalah sebagai anugerah Tuhan untuk menumbuhkembangkan kekuatan batin dan lahir.
Ah, bagaimanapun bersama Tuhan orang tak akan punya masalah.

0 comments:

Post a Comment