Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, May 14, 2016

Lamunan Hari Raya

Pentakosta
Minggu, 15 Mei 2016

Yohanes 14:15-16.23-26

14:15. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:23 Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.
14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.
14:25. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

 Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang dapat beranggapan bahwa agama adalah tuntunan untuk hidup baik, benar dan luhur. Kata firman atau sabda dapat dikaitkan dengan ayat-ayat Kitab Suci dan atau ajaran-ajaran dalam agama.
  • Tampaknya, karena fungsinya sebagai tuntunan hidup agama dapat dipandang sebagai sumber kebenaran dan kebaikan. Dalam agama orang dapat menemukan pegangan-pegangan perilaku dan pengingat agar tidak sesat.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa berhubungan dekat dengan kedalaman batin segala ajaran agama tidak akan ada makna dan guna untuk hidup tanpa berguru pada yang bertahta dalam nurani yang menjadi daya ajar dan ingatan sejati akan segala kebaikan, kebenaran dan keluhuran. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mendapatkan kesejatian iman karena dialog gaib di kedalaman batin.
Ah, bagaimanapun juga agamalah yang jadi landasan orang jadi baik.

0 comments:

Post a Comment