Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, May 8, 2016

Sudah 400 Orang


Ketika acara Novena Domus pada Minggu 1 Mei 2016 usai, Pak Pratik yang menjadi pembicara berkata "Mayoritas peserta niki ikut rutin nggih?" (Mayoritas peserta sudah rutin ikut ya?) yang disambut oleh Rm. Bambang dengan kata "Inggih" (Ya). "Pandangan-pandangane umume pun mboten konservatif" (Pada umumnya pandangan-pandangan yang muncul dalam pembicaraan umum sudah tidak konservatif) Pak Pratik berkomentar yang diteruskan dengan "Nggih pun gangsal taun le nyelenggarakke" (Soalnya penyelenggaraan sudah 5 tahun). Ternyata Pak Pratik menghitung sejak acara pastoral kaum tua di Domus diintroduksi sejak tahun 2012 hingga 2016 masuk tahun kelima dan beliau selalu ikut membantu menjadi salah satu pembicara. Sebenarnya pastoral kaum tua/lansia di Domus menjadi Novena (karena diselenggarakan 9 kali dalam setahun) baru sejak tahun 2013.

Terhadap komentar Pak Praktik, yang seorang profesor doktor di bidang psikologi, Rm. Bambang merasakan bahwa ternyata acara massal yang melibatkan banyak orang juga dapat membuat resapan hingga lubuk hati. Sebenarnya Rm. Bambang memiliki pandangan bahwa acara massal hanya bersinggungan dengan segi kognitif. Untuk menyentuh afeksi apalagi merubah sikap peserta harus hanya kelompok kecil. Tetapi tangkapan Pak Pratik di atas cukup menyentak pemikiran Rm. Bambang. Beberapa hari kemudian Rm. Bambang seperti diingatkan akan beberapa kabar misalnya beberapa peserta yang dulu mudah marah-marah, kini di dalam pertemuan dapat menjadi pendengar dan ucapan-ucapannya tidak menggurui apalagi keras. Memang dari beberapa kelompok orang-orangnya seperti mendapatkan hal yang amat menarik dari acara Novena sehingga acara-acara paroki pun dapat ditinggalkan. Bahkan beberapa orang yang biasa mengikuti Novena Domus dapat mempengaruhi banyak warga Katolik sehingga peserta menjadi banyak sekali. Banyaknya peminat acara ini membuat Rm. Bambang mengubah model pendaftaran. Sejak bulan kedua pelaksanaan tahun 2016 Rm. Bambang tidak membuat pengumuman lewat FB dan Blog Domus. Untuk acara Novena Minggu 5 Juni 2016 mulai dengan Kamis 5 Mei 2016 Rm. Bambang sudah memberi tahu beberapa koordinator kelompok bahwa pendaftaran sudah ditutup, karena sudah ada 400 orang pendaftar sebagaimana dapat dilihat dalam matrik di bawah ini:


ASAL PESERTA
JUMLAH
RAYON KOTA KEVIKEPAN DIY
137 ORANG
01.  Paroki Pringwulung
75 orang
02.  Paroki Kotabaru (Sendowo)
6 orang
03.  Paroki Administratif Pringgolayan
30 orang
04.  Paroki Pugeran
9 orang
05.  Paroki Bintaran, Lingkungan Nicolas
3 orang
06.  Paroki Kidul Loji
3 orang
07.  Paroki Baciro
17 orang
RAYON SLEMAN KEVIKEPAN DIY
55 ORANG
08.  Paroki Minomartani
10 orang
09.  Paroki Banteng
2 orang
10.  Paroki Babadan
2 orang
11.  Paroki Babarsari
6 orang
12.  Paroki Medari
27 orang
13.  Paroki Kalasan
1 orang
14.  Paroki Mlati
5 orang
15.  Paroki Gamping
2 orang
RAYON BANTUL KEVIKEPAN DIY
  8 ORANG
16.  Paroki Bantul
 5 orang
17.  Paroki Ganjuran, Lingkungan Kepuh
3 orang
KEVIKEPAN SURAKARTA
170 ORANG
18.  Paroki Klaten
150 orang
19.  Paroki Gondang
20 orang
KEVIKEPAN KEDU
18 ORANG
20.  Paroki Ignatius Magelang
15 orang
21.  Paroki Muntilan
3 orang
JUMLAH
400 orang

0 comments:

Post a Comment