Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, May 5, 2016

Lamunan Pekan Paskah VI

Jumat, 6 Mei 2016

Yohanes 16:20-23a

16:20 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya kamu akan menangis dan meratap, tetapi dunia akan bergembira; kamu akan berdukacita, tetapi dukacitamu akan berubah menjadi sukacita.
16:21 Seorang perempuan berdukacita pada saat ia melahirkan, tetapi sesudah ia melahirkan anaknya, ia tidak ingat lagi akan penderitaannya, karena kegembiraan bahwa seorang manusia telah dilahirkan ke dunia.
16:22 Demikian juga kamu sekarang diliputi dukacita, tetapi Aku akan melihat kamu lagi dan hatimu akan bergembira dan tidak ada seorangpun yang dapat merampas kegembiraanmu itu dari padamu.
16:23a. Dan pada hari itu kamu tidak akan menanyakan apa-apa kepada-Ku.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, pada umumnya orang tidak mau mengalami penderitaan. Derita selalu dirasa membuat susah.
  • Tampaknya, sekecil apapun penderitaan akan dapat mengganggu batin. Orang dapat menangis dan meratap karena harus menanggung derita.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bagi yang hidupnya biasa bergaul bersama kedalaman batin kalau berhadapan dengan realita penderitaan dia akan menjalaninya dan dengan menjadikan jalan orang akan merasa takjub dan menghayati sukacita sejati begitu sampai ujung jalan derita tersebut. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan membiarkan diri dipandang aneh karena akan tetap ceria berhadapan dengan berbagai penderitaan.
Ah, yang merasa enak karena menderita ya hanya orang tidak waras.

0 comments:

Post a Comment