Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, May 28, 2016

Lamunan Hari Raya

Tubuh dan Darah Kristus
Minggu, 29 Mei 2016

Lukas 9:11b-17

9:11b. Ia menerima mereka dan berkata-kata kepada mereka tentang Kerajaan Allah dan Ia menyembuhkan orang-orang yang memerlukan penyembuhan.
9:12 Pada waktu hari mulai malam datanglah kedua belas murid-Nya kepada-Nya dan berkata: "Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka pergi ke desa-desa dan kampung-kampung sekitar ini untuk mencari tempat penginapan dan makanan, karena di sini kita berada di tempat yang sunyi."
9:13 Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Kamu harus memberi mereka makan!" Mereka menjawab: "Yang ada pada kami tidak lebih dari pada lima roti dan dua ikan, kecuali kalau kami pergi membeli makanan untuk semua orang banyak ini."
9:14 Sebab di situ ada kira-kira lima ribu orang laki-laki. Lalu Ia berkata kepada murid-murid-Nya: "Suruhlah mereka duduk berkelompok-kelompok, kira-kira lima puluh orang sekelompok."
9:15 Murid-murid melakukannya dan menyuruh semua orang banyak itu duduk.
9:16 Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit, mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya supaya dibagi-bagikannya kepada orang banyak.
9:17 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian dikumpulkan potongan-potongan roti yang sisa sebanyak dua belas bakul.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, yang namanya kegiatan karitatif dipandang sebagai gerakan budi luhur. Orang tergerak nuraninya untuk peduli pada kaum berkekurangan termasuk yang susah dan menderita.
  • Tampaknya, gerakan karitatif dapat dipandang hebat kalau memiliki donator-donator khusus. Apalagi kalau para donator itu dari kaum amat kaya, amat hebatlah gerakan itu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa bergaul akrab dengan kedalaman batin gerakan peduli kasih pada yang berkekurangan dan menderita akan sungguh kuat bukan karena kemampuannya menghimpun banyak dana dari kaum kaya tetapi karena daya dorong semangatnya yang mampu memberdayakan terutama yang berkekurangan sendiri untuk rela berbagi sekecil dan sesedikit apapun. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati semiskin apapun orang tak akan pernah merasa kekurangan karena memiliki semangat berbagi.
Ah, jaman sekarang tanpa uang orang akan lumpuh.

0 comments:

Post a Comment