Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, May 27, 2016

Lamunan Pekan Biasa VIII

Sabtu, 28 Mei 2016

Markus 11:27-33

11:27. Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua,
11:28 dan bertanya kepada-Nya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?"
11:29 Jawab Yesus kepada mereka: "Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu.
11:30 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!"
11:31 Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya?
11:32 Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!" Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi.
11:33 Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."

Butir-butir Permenungan
  • Katanya, agama adalah pembawa kedamaian. Dengan beragama orang akan menjadi alim.
  • Katanya, dalam beragama orang akan mendalami ajaran-ajaran keluhuran budi dan menghaluskan hati lewat doa dan ibadah. Perbuatan orang akan membuatnya hidup selaras dengan sesama dan mampu menghormati siapa saja.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa apabila orang beragama tidak membiasakan diri berhubungan akrab dengan kedalaman batin di dalam kehidupan beragama pun hatinya akan dipenuhi oleh masalah-masalah kekuasaan dan akan memandang pihak yang berseberangan sebagai pengancam kedudukannya. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang tidak akan mencari kedudukan dan kekuasaan di dalam hidup beragama.
Ah, agama ya harus memberikan kesejahteraan dong.

0 comments:

Post a Comment