Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Monday, July 25, 2016

Lamunan Peringatan Wajib

Santo Yoakim dan Ana, Orangtua Santa Perawan Maria
Selasa, 26 Juli 2016

Matius 13:16-17

13:16 Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar.
13:17 Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, ada anggapan bahwa bahwa disebut berbahagia karena meraih prestasi dan mendapatkan yang diharapkan. Orang mendapatkan selamat dan berbahagia misal: lulus ujian bahkan mendapatkan nilai tinggi, melangsungkan pernikahan.
  • Tampaknya, kebahagiaan dipandang bersumber dari luar diri sehingga orang harus mengejarnya. Supaya meraih hidup sejahtera bahagia orang mencari uang untuk mendapatkan kebahagiaan dasar termasuk kesehatan dan ilmu.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa, bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin, yang sungguh membahagiakan seseorang bukan hal yang berasal luar diri untuk memenuhi keinginan bahkan kebutuhan tetapi justru berasal dari dalam diri, yaitu dalam hati yang selalu terbuka menemukan makna hidup dari apapun yang dihadapi termasuk yang membuat tidak enak bahkan menderita. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang selalu menyaksikan tangan-tangan gaib yang peduli kasih dari siapapun bahkan apapun yang ditemui.
Ah, yang membahagikan itu yang mendapat apapun yang mengenakkan.

0 comments:

Post a Comment