Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Sunday, July 3, 2016

Rama Gustavo


Ketika sedang makan beberapa hari suasana kamar makan Domus Pacis sering terisi gelak tawa kalau ada tamu teman rama Domus datang dan bertanya "Ana tamu seka ngendi?" (Ada tamu dari mana?). Rm. Agoeng biasa jawab "Rama seka Argentina kerja neng Kamboja" (Rama asal Argentina yang bekerja di Kamboja). Dan Rm. Bambang lansung ikut nylonong dengan kata-kata yang berulang kali muncul sejak Senin 27 Juni 2016 "He comes here to celebrate the defeat of Argentina by Chili" yang selalu disambut gelak tawa termasuk si rama Argentina. Rm. Gustavo, tamu asal Argentina, memang menjadi tamu menginap di Domus Pacis dari Minggu malam hingga Jumat pagi 26 Juni - 1 Juli 2016. Beliau berkebangsaan Argentina tetapi menjadi anggota konggregasi yang berpusat di Italia. Rm. Gustavo kini menjadi misionaris di Kamboja dan juga menjadi fungsionaris bidang kepemudaan dalam FABC, konggres Waligereja Uskup-uskup se Asia. Kehadirannya terjadi dalam rangka melihat persiapan panitia yang ada di Keuskupan Agung Semarang untuk program AYD (Asian Youth Day) di Indonesia besok tahun 2017.

Kedatangan Rm. Gustavo memang difalitasi oleh Rm. Agoeng dan  teman-teman Komisi Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Semarang (Komsos KAS). Beliau ikut rapat panitia di Youth Center di Salam. Rapat lain terjadi di kantor Karitas Indonesia (Karina) di Pringwulung. Selain Rm. Agoeng, Rm. Dony dan Rm. Banu juga ikut bergantian mengantar Rm. Gustavo pergi ke tempat-tempat khusus bagi umat Katolik seperti daerah Paroki Boro dan makam Rm. Prenthaler. Tempat-tempat ziarah juga dikunjungi: Gua Maria Sendang Sono, Candi Hati Kudus Ganjuran dan Gua Maria Tritis. Di samping itu Rm. Gustavo juga diajak melihat Candi Borobudur. Tentu saja dengan pergi-pergi itu beliau juga diajak menikmat beberapa menu kuliner. Beliau juga mengalami misa ujub syukuran atas sunatan salah satu keluarga yang dipimpin oleh Rm. Bambang di Lingkungan Papringan, Paroki Pringwulung. Dalam hal santapan, Rm. Gustavo dapat menyantap apapun yang ada dalam sajian Domus Pacis. Beliau juga mengalami ikut misa di kapel Domus bersama beberapa rama Domus yang dipimpin oleh Rm. Yadi.

0 comments:

Post a Comment