Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Tuesday, July 12, 2016

Sabda Hidup


Rabu, 13 Juli 2016
Henrikus
warna liturgi Hijau 
Bacaan
Yes. 10:5-7,13-16; Mzm. 94:5-6,7-8,9-10,14-15; Mat. 11:25-27. BcO Ayb. 4:1-21

Matius 11:25-27:
25 Pada waktu itu berkatalah Yesus: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. 26 Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu. 27 Semua telah diserahkan kepada-Ku oleh Bapa-Ku dan tidak seorangpun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak seorangpun mengenal Bapa selain Anak dan orang yang kepadanya Anak itu berkenan menyatakannya.

Renungan:
Suatu kali ada orang yang berpendidikan tinggi diam terpaku mendengarkan kisah seorang petani yang berhasil mengembangkan tanaman tertentu. Baginya apa yang dilakukan petani itu sungguh membuka pikirannya. Dari kisah sang petani itu ia pun mengembangkan berdasar pada keilmuannya. Ia pun berhasil mendayagunakan kisah dari petani.
Seringkali kita menemukan kebijakan-kebijakan hidup dari mereka yang sederhana. "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil" (Mat 11:25). Kiranya kita pun perlu membuka diri pada kebijakan-kebijakan tersebut.
Pelajaran tidak hanya kita temukan dalam ruang kuliah. Percakapan dan pergaulan dengan banyak orang bisa menjadi sekolah hidup kita. Dari perjumpaan dengan banyak orang kita bisa menemukan butir-butir kehidupan yang bisa kita kembangkan selaras dengan kemampuan dan minat kita. Kebijakan hidup tersebar di mana-mana. Maka marilah kita tebuka dan menangkapnya.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu. Ingatlah satu dua peristiwa yang menunjukkan bahwa dirimu belajar dari orang sederhana.

Refleksi:
Apa yang perlu kita lakukan untuk menemukan kebijakan-kebijakan Tuhan?


Doa:
Tuhan semoga hatiku terbuka dan mau belajar pada banyak orang. Semoga aku tidak jatuh pada kesombongan merasa paling tahu terhadap segala hal. Amin.

Perutusan:
Aku akan mempelajari kebijakan-kebijakan Tuhan dari lingkungan sekitarku. -nasp-

0 comments:

Post a Comment