Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Friday, November 13, 2015

Lamunan Pekan Biasa XXXII

Sabtu, 14 November 2015

Lukas 18:1-18

18:1. Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.
18:2 Kata-Nya: "Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorangpun.
18:3 Dan di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku.
18:4 Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorangpun,
18:5 namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku."
18:6 Kata Tuhan: "Camkanlah apa yang dikatakan hakim yang lalim itu!
18:7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?
18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, doa permohonan amat mewarnai kegiatan doa dan ibadat keagamaan. Bahkan dengan pergi ke tempat-tempat sakral seperti tempat ziarah orang juga biasa membawa permohonan-permohonan khusus.
  • Tampaknya, dalam agama dan kepercayaan juga ada cara-cara khusus untuk permohonan-permohonan tertentu. Mantra-mantra bahkan teks-teks juga tersedia untuk terkabulnya permohonan.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa sehebat apapun doa permohonan dijalani bahkan selalu terkabul, kalau di situ orang tidak mampu menemukan nikmatnya berhubungan dekat dengan kedalaman batin, semua itu hanya merupakan nafsu egoisme berbalut agama. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan mengutamakan pengembangan hubungan intim dengan kedalaman batin dalam segala doanya.
Ah, berdoa itu ya untuk mohon yang diinginkan.

0 comments:

Post a Comment