Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Wednesday, November 11, 2015

Mengapa nyamuk suka terbang di sekitar kepala manusia?


Reporter : Bramy Biantoro | Kamis, 12 Maret 2015 15:47

Mengapa nyamuk suka terbang di sekitar kepala manusia?
Ilustrasi nyamuk. Shutterstock/mycteri

Merdeka.com - Nyamuk tercatat sebagai salah satu hewan paling mematikan di dunia dengan jumlah korban melayang hingga 2 juta jiwa per tahun. Namun, bukan itu yang membuat manusia jengkel, melainkan kebiasaan nyamuk yang terbang di sekitar kepala mereka.

Lalu apa penyebab kebiasaan aneh nyamuk itu? Apakah si nyamuk hanya ingin menggoda manusia?

Ternyata tidak, nyamuk mempunyai alasan tersendiri untuk selalu terbang di sekitar kepala manusia. Menariknya, hal itu tidak ada hubungannya dengan 'percobaan' menghisap darah kita.

Menurut Rick Pollack, ahli serangga dari Amerika, alasan mengapa nyamuk suka terbang di sekitar kepala, terutama wajah dan telinga karena tertarik pada gas karbondioksida yang kita hembuskan. Uniknya, nyamuk betina lah yang melakukan hal aneh tersebut.

Namun, bila ada nyamuk jantan yang ikut terbang di sekitar kepala Anda, berarti nyamuk itu tengah mencoba untuk menandai tempat kawin.

Ya, terdengar aneh memang. Tetapi, nyamuk jantan kerap menandai lokasi kawin masal, seperti sekitar pohon, dan di atas kepala manusia. Oleh karena itu, sering kita melihat ada kerumunan nyamuk beterbangan di atas kepala manusia. Semua itu disebabkan nyamuk-nyamuk jantan yang menari menarik perhatian nyamuk betina untuk masuk kerumunan.

0 comments:

Post a Comment