Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Saturday, November 14, 2015

Sabda Hidup


Minggu, 15 November 2015
Hari Minggu Biasa XXXIII
warna liturgi Hijau 
Bacaan
Dan. 12:1-3; Mzm. 16:5,8,9-10,11; Ibr. 10:11-14,18; Mrk. 13:24-32. BcO Yeh. 16:3-19,35-43,59-63

Markus 13:24-32:   
24 "Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya 25 dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. 26 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. 27 Dan pada waktu itupun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. 28 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. 29 Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. 30 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. 31 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. 32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."

Renungan:
"Ayo masuk, sudah mau hujan!" teriak seorang nenek kepada cucunya. "Lekas diberesi mainannya sudah gelap" kata seorang ibu. "Angin besar sekali, musim akan berganti." Banyak tanda yang bisa dimengerti orang atas alam ini. Namun tidak ada seorang pun yang bisa mengerti kapan waktunya Tuhan datang. "Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja" (Mrk 13:32).
Tulisan ini kubuat kala berada di seminari kentungan sambil mendengarkan kidung-kidung yang dinyanyikan para frater untuk Mgr Pujasumarta. Kita tahu Mgr Puja mengidap sakit yang berat. Para dokter pun memperkirakan berapa lama usia beliau ketika vonis itu disampaikan. Namun ternyata Mgr Puja bisa lebih lama dari vonis yang diperkirakan. Pada saat-saat beratnya pun beliau menyambut kedatangan saya dan teman-teman Komsos KAS dengan ceria. Beliau menikmati video pelican yang kami bikin untuk beliau. Kesegaran tampak. Namun saya tahu sakitnya tak berkurang.
Beberapa hari sesudah itu beliau menerima sakramen perminyakan. Banyak berita pun beredar. Kondisi beliau makin rapuh. Sampai akhirnya tanggal 10 Nov malam beliau berangkat. Sebelum berangkat beliau menginginkan dikidungkan "Ndherek Dewi Maria".
Hanya Tuhanlah yang tahu masa dari Mgr Puja. Kita manusia hanya percaya pada kasihNya.

Kontemplasi:
Pejamkan matamu. Bayangkan masa Tuhan memanggilmu kepada keabadian..

Refleksi:
Bagaimana mempersiapkan diri menyambut masamu yang tak kauketahui?

Doa:
Bapa semoga aku tetap dekat denganMu sampai masaku menghadapMu. Amin.

Perutusan:
Aku akan tetap bertahan dekat dengan Tuhan. -nasp-

0 comments:

Post a Comment