Pages

Subscribe:
/
  • Domus Pacis

    Domus Pacis atau Rumah Damai berada di Puren, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta. Di rumah ini sedang dikembangkan pastoral ketuaan. "Tua tak mungkin terlambat datangnya, namun renta bisa ditunda hadirnya"

  • Indahnya di usia tua

    Tua namun tak renta, sakit tak sengsara, Mati masuk surga

  • Tua Yang Bijaksana

    Menjadi Tua itu kepastian, namun tua yang bijaksana itu suatu perjuangan.

Thursday, June 2, 2016

Lamunan Hari Raya

Hati Yesus Yang Mahakudus
Jumat, 3 Juni 2016

Lukas 15:3-7

15:3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:
15:4 "Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?
15:5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,
15:6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetanggan serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.
15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."

Butir-butir Permenungan
  • Tampaknya, orang akan merasa gembira bila mendapatkan banyak teman dalam kelompok pejuang kebaikan dan kebenaran. Masyarakat juga akan memuji kelompok yang para anggotanya memiliki rekam jejak tiada cela.
  • Tampaknya, di tengah kelompok yang para anggotanya terkenal dengan hidup baik dan benar, orang akan terbimbing dalam kebaikan dan kebenaran. Dia dapat terjaga agar tidak mengalami kesesatan perilaku dalam hidupnya.
  • Tetapi BISIK LUHUR berkata bahwa bagi yang biasa bergaul intim dengan kedalaman batin orang akan menyadari bahwa tak ada orang tak pernah salah bahkan tak pernah melakukan kejahatan sehingga kegembiraan sejati adalah hidup bersama dengan yang sadar akan kelemahan dan kekeliruan diri dan bukan dengan yang merasa diri selalu baik dan benar. Dalam yang ilahi karena kemesraannya dengan gema relung hati orang akan amat menghargai orang lain yang jahat sebesar apapun tetapi sadar akan kejahatannya.
Ah, yang punya rekam jejak jahat ya harus dijauhi.

0 comments:

Post a Comment