Rabu, 22 Juni 2016
Paulinus dr Nola
Yohanes Fisher,
Thomas More
warna liturgi Hijau
Bacaan
2Raj. 22:8-13;
23:1-3; Mzm. 119:33,34,35,36,37,40; Mat. 7:15-20. BcO Ezr. 7:6-28
Matius
7:15-20:
15 "Waspadalah
terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba,
tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas. 16 Dari buahnyalah kamu
akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau
buah ara dari rumput duri? 17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan
buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun
pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik. 19 Dan setiap pohon yang
tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api. 20 Jadi
dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.
Suatu kali aku
pergi ke tempat penjual tanaman buah. Di sana penjual menjelaskan tanaman buah
yang dijual. Dia mengatakan kalau pohon A buahnya akan besar-besar, buah B
buahnya manis tapi isinya agak besar dan lain-lain. Setelah itu aku pun membeli
beberapa tanaman tersebut. Beberapa tahun kemudian tanaman itu berbuah. Dan
benar yang diomongkan oleh si penjual buah.
Yesus mengatakan,
"Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah
anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?" (Mat 7:16). Kita
mengenal sesuatu yang baik dan tidak itu dari buahnya.
Di kehidupan kita
sehari-hari kita pun bisa mengenal sebuah keluarga dari anak-anaknya. Kehidupan
anak-anak menggambarkan bagaimana keluarga itu hidup dan bertumbuh. Maka jadi
panggilan kita untuk menjaga pendidikan anak-anak.
Kontemplasi:
Pejamkan matamu.
Bayangkan anak-anakmu. Lihatlah bagaimana pendampinganmu pada mereka.
Refleksi:
Bagaimana
menghasilkan buah yang baik dalam keluargamu.
Doa:
Tuhan semoga aku
mampu menghasilkan buah-buah yang baik. Semoga hidupku menjadi kesaksian
kebaikanmu. Amin.
Perutusan:
Aku akan menjaga
kualitas buah yang kuhasilkan. -nasp-
0 comments:
Post a Comment